SEKILAS INFO
: - Tuesday, 11-08-2020
  • 1 bulan yang lalu / Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.Bapak/Ibu calon peserta didik SMA Islam PB Soedirman Jakarta, mohon maaf bahwa : 1.Untuk kuota calon peserta didik SMA Islam PB Soedirman Jakarta baik program IPA maupun program IPS kuota sudah terpenuhi (ditutup).
  • 1 bulan yang lalu / 2.Bagi bapak ibu yang melakukan pembayaran BPPDB melalui transfer pada tanggal 6 Juli 2020 setelah pukul 18.00 baik program IPA maupun program IPS akan dikembalikan(tdk diterima)
  • 1 bulan yang lalu / 3.Kuota cadangan akan dibuka tanggal 8 Juli 2020 pukul 09.00 WIB. Bagi calon peserta didik yang akan melakukan. pembayaran BPPDB agar konfirmasi terlebih dahulu kepada Ibu Aryantie di nomor 0818217863 dan Ibu Riyani di nomor 085889008900. Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Jakarta, 5 Juli 2020.
25 Siswa Membuat Robot di ITS Surabaya

Ahad, 17 Februari 2019, sekitar pukul 14.00 WIB siswa kelas layanan IT mulai berdatangan ke sekolah. Setelah diadakan pelepasan oleh Bapak Kepala Sekolah dan beberapa perwakilan orang tua, serta sholat Ashar berjamaah di Masjid, bus yang membawa 25 siswa dan 3 guru pendamping bergerak pelan meninggalkan halaman perkir sekolah. Mereka akan menuju ITS Surabaya.

Hampir selama sepekan siswa tersebut akan membuat robot. Sebelum pembuatan robot dimulai para siswa diperkenalkan terlebih dahulu mengenai dasar-dasar robot. Diajak berkeliling ke tempat-tempat lab pembuatan robot. Para siswa juga di tunjukan hasil robot buatan mereka yang sudah memenangkan lomba hingga berbagai negara, yaitu robot soccer. Harga yang dicapai untuk pembuatan robot soccer tersebut pun tak main-main, hingga mencapai ratusan juta rupiah.

Lalu bagaimana dengan siswa SMA Soedirman tersebut. Robot apa yang akan dibuat?

Ada 2 robot yang akan dibuat siswa layanan IT, yaitu ROBOT LINE FOLLOWER ANALOG dan ROBOT TRANSPORTER.

Dari ke-25 siswa tersebut dibuat menjadi 4 kelompok yang masing-masing kelompok membuat 2 jenis robot tersebut, yaitu ROBOT LINE FOLLOWER ANALOG dan ROBOT TRANSPORTER.

Setelah selesai pembuatan robot, hasil karya mereka dipertandingkan di akhir acara disaksikan langsung oleh Bapak Drs H. Nur Alam, MA, Ketua Majelis Dikdasmen Yasma PB Soedirman, Bapak Drs, Suroto selaku Kepala Sekolah SMA Islam PB Soediramn, Ibu Dra Endang Dwihijati Ismuttanti, selaku Waka Kurikulum, dan Bapak Sudiyanto, S.Pd selaku MR ISO.

Menunggu aba-aba wasit untuk menjalankan Robot line follower analognya di acara pertandingan

Bukan hanya membuat robot, para siswa juga selama sepekan diajak berkeliling untuk mencicipi kuliner malam di Surabaya bahkan hingga Madura. Dan di penghujung kegiatan siswa juga menyempatkan berwisata ke Museum Tubuh di Malang. Tepat tanggal 24 Februari 2019 siswa kembali ke Jakarta dengan membawa robot-robot hasil rakitan mereka. (ah)

  • Juara pertandingan robot line follower analog
  • Menyimak cara menggunakan solder yang tepat
  • Sholat Subuh di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya
  • Ke Museum Tubuh Malang


TINGGALKAN KOMENTAR

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Fan Pages

Video Terbaru

Statistik Web

  • 281258Total reads:
  • 174769Total visitors:
  • 835Reads per month:
  • 2Visitors today:
  • 0Visitors currently online: