Home » Program Kerja Kepala Sekolah

Program Kerja Kepala Sekolah

program-kerja

PROGRAM KERJA ENTREPRENEURSHIP
KEPALA SMA ISLAM PB SOEDIRMAN
2014/2015

I.    PENDAHULUAN

Pengelolaan KTSP merupakan seni tersendiri bagi setiap leadership, karena sangat banyak yang menetukan sehingga setiap individu tidak akan sama dalam memimpin organisasi. Di SMA Islam PB Soedirman sangat unik karena dengan sangat banyak hal yang dapat ditingkatkan dengan sumberdaya dan potensi yang melimpah tetapi perlu kejelian tersendiri.

II.    KEGIATAN PENINGKATAN MUTU

Usaha meningkatakan pelayanan seperti halnya bagaimana menciptakan peluang menjadi suatu kenyataan yang dapat meningkatkan layanan mutu dan peningkatan program pembelajaran baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler

SMA ISLAM PB. Soedirman berusaha menambah struktur jam pembelajaran yang didasarkan analisis dari input yang masuk ke sekolah salah satunya dibidang sains, matematika, dan social budaya. Kegiatan ini dikelompokkan dalam intrakurikuler.

Kegiatan ekstra kurikuler juga meningkatakan kerjasama dengan stakeholders (Orang tua murid, pengusaha, tenaga ahli,dll).

III.    PELAKSANAAN

A.    PM

  1.  Matematika
  2. Fisika
  3. Kimia
  4. Ekonomi / Akuntansi
  5. Geografi
  6. Bahasa Indonesia
  7. Bahasa Inggris

Pendanaan dalam kegiatan pendalaman materi berdasarkan kesepakatan dengan orangtua, melalui rapat antara orangtua wali murid, komite , yayasan dan konsultan. Besarnya dana ditanggung orangtua 75%, Komite 10% dan Yayasan 15%. Iuran yang dibayarkan dapat diangsur sebanyak 10 X dalam setahun bersamaan dengan SPP.

Kegiatan PM dilakukan terjadwal dari Senin sampai Sabtu. Masing-masing mata pelajaran tidak sama jumlah jam pelajarannya, berdasarkan jurusan/program kelasnya masing-masing.

Sedangkan tenaga pengajarnya disamping guru internal juga eksternal atau out sourching ( IPB. ITB, UI, UIN dan UNJ)

B.    Kerjasama dengan BTA (Bimbingan Test Alumni)

Penyelenggara BTA ini adalah Bimbingan Belajar yang dibentuk  oleh Alumni SMAN 8 Jakarta. Kerjasama ini sudah lama dilakukan, dengan maksud dan tujuan untuk memperkaya materi yang diterima siswa.

Adapun pelaksanaannya, dimasukkan di dalam jam intrakurikuler yang terjadwal. Pada tahun 2014 ini, pelaksanaan BTA dilaksanakan setiap hari Rabu dan Kamis yang tiap pekannya selama 6 jam / pekan.

Kegiatan ini terselenggara melalui proses rapat orang tua siswa, pimpinan sekolah, dan pihak BTA. Besarannya berdasarkan kesepakatan bersama. Bila dibanding dengan Bimbingan lain, BTA lebih murah (± 40 % – 50 %).

C.    Ekstrakurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan oleh SMA Islam PB Soedirman, wajib diikuti oleh semua siswa, terutama kelas X dan XI. Ekstrakurikuler yang ada diselenggarakan dalam rangka pengembangan minat dan bakat yang ada dalam diri siswa. Kegiatan ini juga diperuntukkan dalam nilai Pengembangan Diri yang terdapat dalam Nilai Raport siswa.
Adapun bidang ekstrakurikuler ini adalah :

  1. Futsal
  2. Bulutangkis
  3. Tari Saman
  4. ROHIS
  5. Bola Volly
  6. Bola Basket
  7. Tari Genjring

Pendanaan untuk kegiatan ekstrakurikuler terdiri dari :

  • Pelatih (yang biasanya di ambil dari pelatih yang profesional di bidangnya)
  • Latihan rutin (ketika akan menghadapi event-event tertentu)
  • Perlombaan yang diikuti

Sebagian besar pendanaan dibiayai dari RAB. Namun sebagian lagi mendapat bantuan dari beberapa fihak, antara lain, pihak pengelola, orang tua siswa, komite.  Yang besarannya berdasarkan kesepakatan, melalui rapat. Orang tua siswa, komite, pihak pengelola.

Kegiatan ekstrakurikuler yang dilakukan melalui jadwal yang disepakati oleh pihak sekolah, siswa maupun pelatih. Biasanya 1 X dalam sepekan. Dan dilaksanakan setelah proses KBM berjalan (hari Senin – Jum’at dilakukan pada sore hari, dan hari Sabtu dilakukan pada pagi hari).

IV.    PENUTUP

Demikian Program kewirausahaan yang mampu dikembangkan pada tahun 2014/2015 tertentu banyak kekurangan dan kesalahan, tetapi berdasarkan kekurangan tersebut kita akan memuluai dan melangkah agar menjadi lebih baik. Hal ini sesuai dengan hadist hari ini harus lebih baik dibandingkan yang akan datang. Adapun jadwal disesuaikan dengan jadwal di intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Terimakasih.